Kamis, 21 Maret 2013

TIM SOSBUD TEMUKAN PAUS

Tim peneliti Sosial Budaya beserta warga Sano Labuhan Rani Tapalang barat ,Rabu, (20/3) digegerkan dengan penemuan paus yang mati terdampar di pesisir Pantai Labuhan Rano ,Mamuju ,Kamis ( 21/3).
Paus yang yang telah ditemukan tersebut dalam keadaan  sudah mati ,salah satu sirip ekor terpotong , mata kanan hilang ,tubuhnya berwarna hitam dengan diameter 2 meter, panjang  9 meter , rahang atas tidak bergigi. Atas kesepakatan  warga , paus tersebut rencana akan di tarik ke tengah laut.

Sabtu, 16 Maret 2013

EKSPEDISI NKRI GELAR OPERASI KATARAK



Tim Komunikasi Sosial Sub Korwil Gorontalo Bone Bolango bekerjasama dengan Dinas Kesehatan provinsi Gorontalo menggelar operasi Katarak bertempat di klinik  Mata Hasri Ainun Habibie Rumah Sakit MM. Dunda, Limboto Gorontalo , Jumat (15/03).
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie berkesempatan meninjau dan berdialog  dengan para pasien penderita katarak bagi warga yang kurang mampu bahkan melihat secara langsung proses operasi katarak di ruang operasi serta menyerahkan Kartu Kesehatan gratis bagi penderita katarak yang berjumlah 20 orang.
Kegiatan pengobatan gratis bagi penderita katarak ini rencananya akan dilakukan secara berkelanjutan setiap bulannya yang telah menjadi program Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo.
Kegiatan tersebut juga dihadiri  Dandim 1304/Gorontalo Letkol Inf. Ruslan Effendi selaku Komandan Ekspedisi NKRI 2013 Sub Korwil Bone Bolango, Wadan Sub Korwil Mayor Inf. Arifin serta Danramil 1304-10/SK kapten Kav. Ferdinad Effendi. (Pa Pen Bone Bolango/Lettu Inf. Deddy Triyanto,SE)  

Rabu, 13 Maret 2013

Ekspedisi NKRI 2013 Bone Bolango Didukung Internet Mobile


Ekspedisi NKRI 2013 Bone Bolango Didukung Internet Mobile
Tim Ekspedisi NKRI Koridor Sulawesi Sub Korwil Gorontalo Bone Bolango mendapat dukungan jaringan Internet bergerak (mobile) berupa dua Unit Mobil Internet dari Dinas Perhubungan Pariwisata Komunikasi dan Informasi  Kabupaten Bone Bolango, Provinsi  Gorontalo yang langsung terpasang sehari setelah Upacara Pembukaan Ekspedisi NKRI 2013 yang dibuka oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (10/03).

Ketersediaan fasilitas internet mobile  yang disediakan tersebut sangat membantu kegiatan Ekspedisi NKRI 2013 di Wilayah Bone Bolango guna kepentingan pelaporan kegiatan Ekspedisi ke Komando Utama di Jakarta, maupun penyebaran berita dan informasi kepada masyarakat.

Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata Komunikasi dan Informasi kabupaten Bone Bolango Jani Kalumata, SSTP menyampaikan, pihaknya sangat mendukung kegiatan Ekspedisi NKRI 2013 di wilayah Gorontalo Khususnya di Kabupaten Bone Bolango, ketersediaan fasilitas Internet Mobile ini diharapkan dapat mendukung tugas-tugas Tim Ekspedisi NKRI di Kabupaten Bone Bolango dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat setempat pada khususnya dan nasional pada umumnya.

Dikatannya, penyediaan fasilitas Internet mobile tersebut merupakan wujud peran aktif Dinas Perhubungan Pariwisata Komunikasi dan Informasi kabupaten Bone Bolango dalam mensukseskan Ekspedisi NKRI 2013 Koridor Sulawesi di Sub Korwil Bone Bolango.
Dukungan Internet Mobile tersebut atas inisiatif Sekda Kabupaten Bone Bolango Drs. H.Syukri Botutihe, M.Si  yang langsung ditindaklanjuti oleh kepala Dinas Perhubungan pariwisata Komunikasi dan Informasi kabupaten Bone Bolango.

Komandan Kodim 1304/Gorontalo Letkol Inf. Ruslan Effendi  yang juga sebagai Komandan Sub Korwil Gorontalo Bone Bolango menyampaikan terima kasih atas ketersediaannya fasilitas internet mobile tersebut yang sangat bermanfaat bagi keperluan Tim Ekspedisi.Bagi Tim Ekspedisi sendiri ketersediaan jaringan internet mobile ini dirasakan sangat membantu dalam penyampaian pelaporan ke satuan atas maupun untuk penyebaran informasi tentang kegiatan Tim Ekspedisi NKRI 2013 Sub Korwil Bone Bolango. 

Pada minggu pertama Tim Ekspedisi NKRI 2013 Sub Korwil Bone Bolango mendapatkan pembekalan dan pengenalan situasi dan kondisi wilayah Kabupaten Bone Bolango, antara lain dari Sekda Kab. Bone Bolango, Dinas Kehutanan dan Pertambangan, Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum dan pejabat intansi kabupaten Bone Bolango. (Lettu Inf. Deddy Triyanto,SE / Pa Pen Ekspedisi NKRI 2013 Sub Korwil Gorontalo/Bone Bolango/)     

Penyambutan Peserta Ekspedisi NKRI 2013 Subkorwil Minahasa

PENYAMBUTAN TIM EKSPEDISI NKRI - Wakil Gubernur Sulawesi Utara Djauhari Kancil mengalungkan rangkaian bunga kepada Staf Ahli Danjen Kopassus Kolonel Inf Fredy selaku kepala rombongan Tim Ekspedisi NKRI 2013 Koridor Sulawesi Sub Korwil Minahasa dan Sangihe saat tiba di Bandara Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (9/3). Tim Ekspedisi NKRI yang datang menggunakan dua Pesawat Hercules milik TNI-AU tersebut disuguhkan dengan tarian penyambutan khas Sulawesi Utara yaitu Tarian Cakalele. Ekspedisi_Teguh Windharto_ Minahasa
 
Wakil Gubernur Sulawesi Utara Djauhari Kancil
Tarian Cakalele
Tari Cakalele
 

Wakil Bupati Minahasa Membuka Ekspedisi NKRI 2013



 
BUKA KEGIATAN EKSPEDISI  Wakil Bupati Minahasa  J.W Sajow secara resmi membuka  pelaksanaan  kegiatan Ekspedisi NKRI 2013 Koridor Sulawesi  untuk Subkorwil Minahasa yang berlangsung di Lapangan Poskotis Subkorwil  Minahasa, Tamposo, Kab. Minahasa, Sulawesi Utara, Senin (11/3). Hadir dalam upacara pembukaan tersebut Danrem  131/Santiago, Kapolres Minahasa, Kajari Minahasa, Rektor UNIMA dan sejumlah tokoh masyarakat.   Ekspedisi_Teguh Windharto_Minahasa







Sekda Bone Bolango Memberi Pengarahan Pada Peserta Ekspedisi NKRI 2013

Sekda tengah memberi pengarahan pada peserta Ekspedisi NKRI

Seluruh peserta Ekspedisi NKRI 2013 Koridor Sulawesi Sub Korwil Bone Bolango Gorontalo memperoleh membekalan dan pengenalan wilayah yang akan dijadikan sasaran ekspedisi NKRI di willayah tersebut  dari Sekretaris daerah Kabupaten Bole Bolango Drs.  H. Syukri Botutihe, SE yang mewakili Plt. Bupati Bone Bolango bertempat di Poskotis  Posko Komando Taktis Sub Korwil Bone Bolango  di Kecamatan Suwawa Timur, Desa Pangi, Senin (11/03)

Sekda Kabupaten Bone Bolango menyampaikan beberapa pokok-pokok gambaran wilayah Bone Bolango yang meliputi potensi wilayah serta permasalahan   yang dihadapi pemerintah daerah dan masyarakat di wilayah tersebut.

Salah satu potensi  utama yang dimiliki oleh  Bone Bolango adalah adanya tambang emas  yang di berada di wilayah Kabupaten Suwawa Timur yang sejak pada masa penjajahan  kolonial dieksporasi oleh masyarakat setempat hingga saat ini.

Dikatakan Sekda, Pemerintah Kabupaten Bole  Bolango telah memprogramkan beberapa pembangunan di wilayah Bone Bolango antara lain program pendidikan, pembangunan infrastruktur jalan antar kecamatan dan desa serta jembatan yang menghubungkan antar desa guna percepatan pembangunan.

Potensi unggulan yang terdapat di kabupaten Bole Bolango meliputi potensi tambang, potensi kehutanan, potensi pariwisata dan potensi sumber daya alam lainnya yang masih belum dieksplorasi secara maksimal.
Sekda mengharapkan, dengan adanya Ekspedisi  NKRI 2013 di wilayah Bone Bolango dapat membantu terselenggaranya percepatan pembangunan di wilayah Bone Bolango serta pemberdayaan masyarakat  untuk berperan aktif dalam pembangunan. ( Pa Pen Sub Korwil Bone Bolango/ Lettu Inf. Deddy Triyanto, SE)

Hadir pada pembekalan tersebut Wadan Subkorwil Bone Bolango Mayor Inf. Arifin, serta beberapa staf dari Kabupaten Bone Bolango. Sebelum mendapatkan pembekalan dari Sekda Bone Bolango, para peserta ekspedisi juga mendapatkan pencerahan dari Danramil  1304-10/SK  Kabupaten Suwawa  Kapten (Kav) Ferdinand  Budiman.
    

EKSPEDISI NKRI 2013 Wilayah Bone Bolango Gorontalo Dimulai

Gubernur provinsi Gorontalo Drs. Rusli Habibie Membuka Ekspedisi NKRI 2013

Gubernur provinsi Gorontalo Drs. Rusli Habibie bertindak sebagai Inspektur Upacara pada pembukaan Ekspedisi NKRI 2013 Koridor Sulawesi khususnya di wilayah Gorontalo yang dipusatkan di Kabupaten Bone Bolango, Desa Pange,  minggu (10/03).
Upacara pembukaan  ekspedisi NKRI Koridor Sulawesi yang juga  dibuka secara  serentak di sembilan Korwil yang berada di sulawesi antara lain, Kab. Kepulauan Sangihe, Kab. Minahasa, (Sul-Ut), Kab. Bone Bolango (Gorontalo),  Kab. Sigi, Kab. Luwuk Banggai (sul-teng), Kab. Mamuju (Sul-bar) Kab. Tana toraja, Kabupaten Kolaka (Sul-tra) dan kab. Gowa (Sul-sel).
Gubernur Gorontalo Drs. Rusli Habibie dalam sambutannya menyampaikan pada tahun 2013 pemerintah provinsi Gorontalo telah mencanangkan pembangunan skala besar dan beberapa proyek pembangunan  di beberapa wilayahnya yang mencakup seluruh kabupaten di Provinsi Gorontalo antara lain Gorontalo outer ring road, bandara Jalaludin dan bendungan irigasi.
Gubernur Gorontalo juga menyampaikan apresiasinya terhadap ekspedisi NKRI 2013 yang dilaksanakan wilayahnya,  karena ekspedisi ini sejalan dengan kebijakan pembangunan Provinsi Gorontalo.   
Ekspedisi NKRI 2013 Koridor Sulawesi adalah ekspedisi NKRI yang ketiga, dua ekspedisi NKRI sebelumnya yang telah dilaksanakan yaitu ekspedisi Bukit Barisan di Pulau Sumatera tahun 2011 dan Ekspedisi Khatulistiwa tahun 2012 di Kalimantan. Ekspedisi NKRI 2013 Koridor Sulawesi ini akan berlangsung selama 4 bulan yang akan berakhir pada 5 Juli 2013.  Tema Ekspedisi NKRI 2013 Koridor Sulawesi kali ini adalah “ Peduli dan lestarikan alam Indonesia”.
Tujuan dilaksanakannya ekspedisi ini adalah  mendata dan meneliti segala potensi kekayaan alam di hutan, pegunungan, rawa, laut, sungai dan pantai serta pulau terdepan. Selain itu bersama  segenap komponen  bangsa   sebagai   sumbangsih TNI, POLRI dan masyarakat  kepada Pemerintah RI dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat dan  membangkitkan kesadaran teritorial, sehingga dapat dikelola menjadi  keunggulan teritorial, memberikan keteladanan kepada masyarakat untuk menjaga kelestarian hutan melalui program “Green, Clean dan Healtly “  serta membantu mengatasi kesulitan rakyat.
Peserta ekspedisi yang melibatkan  unsur TNI, Polri, mahasiswa, pakar ahli masing-masing bidang serta Pemerintah provinsi Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango yang berjumlah 127 orang akan melakukan kegiatan antara lain penjelajahan hutan dan gunung, penelitian flora dan fauna serta sumber daya hayati dan non hayati yang terdapat di provinsi Gorontalo, sosial budaya, serta kegiatan komunikasi sosial yang didalamnya terdapat kegiatan bhakti sosial kepada masyarakat serta pemahaman tentang wawasan kebangsaan.   (Pa Pen Sub  Korwil Bone Bolango/Gorontalo)                                    

Kamis, 07 Maret 2013

Ekspedisi NKRI 2014 Subkorwil Namlea Karya Bhakti di Danau Rana

Rabu, 06 Maret 2013

5 Bulan Ekspedisi NKRI Kekayaan Sulawesi Terungkap

LATIHAN PANJAT TEBING

 Ratusan peserta Ekspedisi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)  Koridor Sulawesi  2013 mengikuti pelatihan panjat tebing di area pelatihan perang tempur hutan dan gunung Pusdikpassus, Situ Lembang, Bandung, Jawa Barat, Senin (4/3). Latihan tersebut sebagai pembekalan kepada para peserta Ekspedisi NKRI  bila menemui kendala dilapangan nantinya.   SubKorwil Minahasa/Pelita/guh

LATIHAN KSPT TIM EKSPEDISI NKRI KORIDOR SULAWESI


 Sejumlah prajurit TNI dan Polri yang tergabung dalam peserta  Pra Ekspedisi NKRI Koridor Sulawesi 2013 ikut ambil bagian dalam  Latihan Kesiapan Sarana Pesawat Terbang (KSPT ) di Lanud Suparlan, Pusdikpassus, Batujajar, Bandung, Kamis (28/2). Latihan Kesiapan Sarana Pesawat Terbang tersebut meliputi Passroof,Refling dan Overjump untuk melatih kemampuan personil dalam pendaratan disuatu daerah operasi khususnya di wilayah Sulawesi.   Teguh/Subkorwil Minahasa.

Penjelajahan

Kehutanan

Wisata

 
Design By eighTsuN Copyright © 2014 Ekspedisi NKRI